December 9, 2016

Mengapa Cewek Gampang Marah Saat Menjelang Menstruasi ?

Mengapa Cewek Gampang Marah Saat Menjelang Menstruasi ?
Mengapa Cewek Gampang Marah Saat Menstruasi, Alasan cewek gampang mudah banget marah, alasan cewek selalu benar, alasan kenapa cewek galak, Arti Menstruasi, Cewek Emosional


Banyak yang bilang, cewek-cewek bisa jadi ganas baik sebelum maupun saat sedang datang bulan. Kalau begitu, entah sudah berapa banyak cowok malang yang jadi korban setiap bulannya.

Kira - kira, mengapa hal ini bisa terjadi ?

Apa itu PMS pre menstrual syndrome, pengertian Pms, hubungan pms dengan emosi cewek setiap bulan

Dari dunia medis dan psikologis Barat, kita mengenal istilah PMS. PMS sering disebut sebagai biang kerok keberingasan seorang cewek saat datang bulan.

Tapi, apa sebetulnya PMS ini, dan apa hubungannya dengan emosi para cewek ?

Singkatnya, PMS adalah istilah beken untuk menyebut aneka gejala yang terjadi sekitar 1 sampai 2 minggu sebelum seorang cewek datang bulan. Gejala yang bersifat fisik misalnya jerawat, pegal-pegal, kram perut, dan konstipasi. Iya, konstipasi bukan konspirasi. Sementara gejala yang bersifat mental misalnya insomnia, susah mikir, dan gejolak emosi ekstrem yang naik turun seperti roller coaster.

Menurut banyak pendapat yang beredar, hampir semua perempuan mengalami PMS, gejalanya bisa berbeda dari satu cewek ke cewek yang lain, dan akan berangsur sembuh begitu menstruasi dimulai. Saking dianggap wajar, masyarakat sedikit-sedikit jadi memberi cap PMS pada cewek yang kelihatan moody menjelang datang bulan, terutama di negara-negara Barat.

Google memberikan 55 juta lebih artikel tentang pms


Di Mbah Google sendiri, ada lebih dari 55 juta artikel yang siap menjawab keresahan seputar PMS. Bahkan di Amerika Serikat, obat-obat anti-PMS mungkin lebih laris manis dibanding jualan abang tukang bakso langganan kita.

Grafik Mood, Kondisi Tubuh, Hormon cewek dan wanita saat pms


Bagaimanapun, penelitian terbaru membuktikan bahwa PMS ternyata cuma mitos yang dilebih-lebihkan. Menjelang menstruasi, sebagian besar cewek memang mengalami sirkus hormon yang membuat tingkat stres lebih tinggi dan tubuh jadi kurang fit. Jadi, jangankan cewek yang sedang datang bulan. Siapa pun pasti juga senggol bacok kalau sedang tidak enak badan.

Kalau begitu, apa artinya semua gejala tadi cuma hoax ?

Tentu saja tidak. Bagi beberapa cewek, gejala-gejala mulai dari kram perut, bad mood, sampai depresi bisa jadi masalah serius sampai mengganggu pekerjaan dan hubungan asmara. Di dunia medis, kondisi semacam ini disebut sebagai PMDD.

Apa itu PMDD atau Pre Menstrual Dysphoric Disorder, Pengertian Pre Menstrual Dysphoric Disorder, Apa hubungan PMS dengan PMDD Pre Menstrual Dysphoric Disorder

Kabar baiknya, PMDD diperkirakan cuma terjadi pada 3 sampai 8% cewek dan bisa diobati. Sementara buat 90% cewek lainnya, gejala-gejala menjelang menstruasi tidak akan sampai mengganggu kegiatan sehari-hari.
Jadi, kalau lain kali kita lihat cewek marah-marah, jangan langsung menyalahkan PMS ya! Dan seperti biasa, terima kasih.

Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)