May 15, 2017

Kenapa Beda Negara Beda Colokan Listrik

Kenapa Beda Negara Beda Colokan Listrik ?

Alasan Beda Negara Beda Colokan Listrik, colokan listrik beda beda

Buat hipster muda kekinian yang doyan nge-blog atau nge-vlog, kesempatan jalan ke luar negeri pasti dimanfaatkan buat mengabadikan momen sebanyak-banyaknya.

Tapi apa jadinya kalau sudah bawa seperangkat gadget canggih, tapi ternyata tidak bisa di-charge gara-gara soket colokan di negara tujuan beda dengan colokan dari rumah? Repot juga kan? 

Untuk itu, kali ini mari kita cari tahu kenapa soket colokan di berbagai negara bisa berbeda-beda.

Sejarah colokan bermula saat listrik untuk rakyat mulai booming pada akhir abad ke-19 di Amerika Utara dan Eropa. Awalnya, sambungan listrik cuma buat penerangan saja. Baru tahun 1903, Harvey Hubbell menemukan nenek moyang colokan 2 pin yang kita pakai sekarang. Seiring dengan kemajuan teknologi dan industri, munculah aneka alat elektronik rumah tangga yang memakai colokan 2 pin.

Masalahnya, perbedaan guna ini berujung pada perbedaan harga tarif sambungan listrik. Maka seperti kita yang langsung demo setiap kenaikan harga BBM, orang-orang zaman itu pun banyak yang tidak terima dengan perbedaan harga ini. Alhasil, banyak yang mencoba mengakalinya dengan menggunakan… Edison’s Screw Fitting! Gampangnya, mereka sengaja mencolokkan alat elektronik ke sambungan lampu biar bayar listriknya lebih murah . Sungguh sangat nekat…

Namun seperti biasa, kenekatan berbanding lurus dengan kecelakaan. Demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti korsleting, diciptakanlah variasi colokan 3 pin untuk menetralkan suplai listrik ke tanah. Dan namanya juga masih barang baru, boomingnya teknologi colokan bikin banyak orang jadi pengin bereksperimen. Seiring dengan berjalannya waktu, model-model colokan saingan yang mengaku lebih aman terus bermunculan. Demi mengatasi kegalauan colokan dunia, akhirnya terbentuklah Komite Teknik Elektro Internasional.

Tugas IEC ini terutama adalah menetapkan standar colokan yang bisa dipakai secara universal. Sayangnya, usaha mereka harus tersendat sementara gara-gara tetek bengek politis semasa Perang Dunia. Tapi setelah perang berakhir, aneka jenis colokan tahu-tahu telah merajalela. Sekarang saja, setidaknya ada 200 jenis colokan berbeda di seluruh dunia! Padahal, jumlah negara yang diakui PBB saja cuma ada 193.

Lantas, bagaimanakah kelanjutan nasib IEC berikutnya?

Walau halangan rintangan membentang, IEC rupanya tetap meneruskan proyeknya, hingga singkat cerita, ditetapkanlah colokan tipe N sebagai standar colokan internasional! Tapi apa boleh dikata, standar colokan ini tidak begitu digubris banyak negara, mungkin kecuali Brazil. Alasannya, tiap-tiap negara sudah keburu menetapkan standar daya, tegangan, dan arus listrik masing-masing, dengan mengacu pada 2 standar voltase internasional, yaitu Amerika Utara dan Eropa.

2 standar voltase internasional, yaitu Amerika Utara dan Eropa.


Asal tahu saja, meminta semua negara sedunia biar bisa kompak soal kelistrikan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Masalahnya bukan cuma ada di ego tiap-tiap negara, konspirasi mamarika, atau bahkan aneka industri barang elektronik. Soalnya, mereka pasti masih bisa lah kalau harus menyesuaikan produknya sesuai pasar.

Bagaimanapun, mau secanggih apa pun colokan kita, percuma saja kalau tidak ada soket yang bisa dicolok. Padahal, soket tersebut pastinya menyatu dengan sistem kelistrikan yang terhubung ke seluruh banggunan. Jadi, kalau kita mau menyeragamkan sistem soket dan colokan secara internasional, otomatis kita harus merombak hampir semua gedung di seluruh dunia kan?

Bayangkan saja, berapa duit yang harus dikeluarkan dan berapa mangkuk bakso yang bisa kita beli pakai duit sebanyak itu…

Jadi, kalau nanti ketemu pelancong vlogger mancanegara yang bingung waktu mau nyolok gadget, jangan cuma ditertawakan ya! Ajaklah buat beli colokan universal di toko elektronik terdekat. Siapa tahu kita bisa ikut nampang di vlognya nanti.

Dan seperti biasa, terima kasih.

avatar

walah rupanya begini toh, keren gan, sempet bingung kemarin beli hp eh colokannya beda dari china sama indonesia haha, nice artikel gan :D

Delete June 29, 2017 at 11:16 AM
avatar

makanya beli colokan universal broh *keplak*

Delete July 27, 2017 at 1:00 PM
Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)