July 5, 2016

apa sih manfaat main game?

  yosh, nggak kerasa besok udah lebaran, berhubung besok udah lebaran pasti agan agan bakal dapet THR. udah kepikiran belom uang thr itu mau digunain buat apa?
pasti agan-agan udah pada ngrencanain mau di pake apa tuh thr kan :v
entah itu di tabung,beli gadget baru, buat acara makan makan, beli game dan sebagainya.
  anak gamers pasti nggunain uang thr buat beli game kan?
yang jadi masalah adalah orang disekitar kita yang awam dengan dunia game
pasti akan barkata "apa sih manfaat main game, nghabisin duit aja"
sekedar info : sebuah sekolah sekolah di swedia memasukkan game sebagai mata pelajaran wajib.
   sebetulnya maanfaat main game banyak sekali meskipun kita tidak menyadarinya,
dari situlah saya mendapat ide untuk membuat artikel ini. yaudah tanpa basa basi lagi mari menuju ke tkp

1. Meningkatkan Daya Memori Otak


Penelitian dari University of California-Irvine menemukan bagian otak yang bernama hippocampus atau daerah otak yang berhubungan dengan memori dan hal kompleks, bisa berubah dengan memainkan game 3D. Dari sejumlah orang yang ikut dalam penelitian tersebut, daya memori mereka meningkat sebesar 12%.
Walau masih belum jelas hasil penelitian tersebut dapat membantu meningkatkan daya memori, para peneliti cukup gembira tentang penemuan mereka sehingga hal ini dapat diterapkan juga pada orang-orang yang daya memori otak dan kesadarannya bermasalah.
2. Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Salah satu keuntungan bermain game adalah kemampuan koordinasi mata dan tangan yang luar biasa meningkat. Bahkan beberapa judulgame saat ini digunakan untuk melatih kemampuan ahli bedah, yang membuat gerakan tangan lebih presisi.
Hubungan antara video game dan kemampuan motorik sudah diketahui banyak ahli sejak lama. Beberapa game yang memiliki tempo permainan tinggi seperti first person shooter (FPS), berperan besar untuk meningkatkan kemampuan motorik dan membantu gamer untuk membuat keputusan dengan cepat.
3. Sangat Baik untuk Daya Nalar
Seperti disebutkan di atas, game dapat membantu meningkatkan daya memori. Selain itu, bermain game rupanya dapat membantu fungsi keseluruhan otak dan daya nalar.
Di dalam game, Anda akan lebih memerhatikan hal-hal dengan lebih fokus dan terperinci. Anda menjadi berpikir lebih kritis dalam membuat keputusan. Semua ini cukup penting, mengingat bermain game dapat menjadi salah satu cara terapi bagi orang-orang yang menderita penyakit seperti Alzheimer dan dementia.
4. Pelepas Stres dan Depresi

Banyak bukti mengaitkan bermain game dapat menurunkan tingkat stres dan depresi. Dengan bermain game otak akan sibuk mengolah informasi di dalam game dan melupakan segala masalah yang terjadi untuk sementara.
Ambil contoh paling mudah adalah bermain Angry BirdGame  dapat menjadi penyaluran stres paling tepat bagi banyak orang. Selain dapat melepas stres, game juga bisa digunakan sebagai sarana untuk bersosialisasi bagi orang-orang yang memiliki kepribadiannya yang cenderung pemalu.
5. Mempertajam Intuisi

Saat ini banyak game menampilkan keputusan moral dalam memutuskan alur ceritanya. Setiap keputusan tersebut nantinya akan memiliki konsekuensi masing-masing di dalam game tersebut.
Di game strategi, misalnya, Anda perlu berpikir secara kritis dalam mengambil keputusan untuk menyerang lawan atau mengatur unit. Bahkan di game FPS Anda harus mampu berpikir kritis dan strategis, ketimbang hanya membidik dan menembak. Kemampuan yang terus diasah tersebut akan berperan besar dalam kehidupan di dunia nyata kelak.
sebelumnya saya minta maaf bila dalam artikel saya terdapat kata-kata yang menyinggung agan agan sekalian. minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin

Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)