December 23, 2016

Kenapa Kita Bisa Melupakan Sesuatu ? #1thKarenaLupa

Kenapa Kita Bisa Melupakan Sesuatu ?
Kenapa Kita Bisa Melupakan Sesuatu, penyabab kita lupa, kenapa kita bisa lupa,  alasan kita bisa lupa, penyakit lupa, cara mengingat hal yang kita lupakan, faktor lupa, terapi lupa, cuci otak, cara mencegah kelupaan pikun

Masih ingatkah kita dengan teman masa kecil kita ?
Atau masih ingatkah kita dengan pelajaran dan pekerjaan yang belum kita selesaikan ?
Mungkin sebagian dari kita masih mengingatnya dan sebagian besar sudah melupakan iti semua.

Tapi, kenapa kita bisa melupakan sesuatu hal ?
Apa penyebabnya ?

Lupa.. adalah alasan yang sering kita dengar bahkan kita lontarkan sehari hari. Lupa mengerjakan pr, lupa waktu, lupa cicilan motor, kacang lupa kulitnya, sampai
Karena Lupa.com

Menurut penelitian oleh Harvard University, lupa bisa disebabkan oleh gaya hidup dan konsumsi makanan kita sehari hari. Lalu hal apa sajakah yang membuat kita bisa melupakan sesuatu hal dengan begitu mudahnya ?

Pertama adalah Ketidakmampuan Memgambil Informasi
Ketidakmampuan kita dalam mengambil informasi yang tersimpan di dalam memori otak adalah penyabab kita bisa melupakan sesuatu, atau justru itulah yang disebut lupa.
Ada banyak sekali teori sampai konspirasi yang mendebatkan tentang lupa, salah satunya adalah Teori Decay, teori ini menjelaskan bahwa memori dan ingatan dalam otak akan memudar seiring berjalannya waktu, jika memori ini tidak dilatih dan digunakan maka memori ini akan terhapus dalam ingatan.

Ilmuan lain menyebutkan tentang Teori Interferensi, teori ini menjelaskan tentang informasi yang baru saja kita terima menyebabkan sulit mengingat informasi lama (Retroaktif). dan Informasi yang sudah kita terima terlebih dahulu mempersulit untuk mengingat informasi yang baru saja kita terima.

Selain itu kurangnya petunjuk atau informasi yang tidak jelas akan semakin mempersulit dalam mengingat informasi tersebut. Dan sebagian informasi pada pengalaman yang tidak menyenangkan akan lebih mudah untuk dilupakan.

Kedua adalah Efek Samping Obat Yang Kita Konsumsi
Obat selalu memiliki efek samping jangka panjang ataupun jangka pende. Sebagian obat memiliki efek memudarkan ingatan kita. Obat obat itu adalah obat penenang, obat tekanan darah tinggi atau darah rendah, obat tidur, anti histamin, bahkan obat kolesterol dan obat diabetes.

Ketiga adalah Stress dan Cemas yang Berlebihan
Stress memikirkan dompet kita yang makin hari makin tipis saja dan Cemas karena tak kunjung mendapatkan pasangan hidup mungkin menjadi salah satu penyebab menurunnya tingkat ingatan memori kita. Jadi nikmati saja hidup ini dan jangan mempersulit hidup kita yang sudah dari sananya sulit.

Keempat adalah Kesedihan yang Mendalam
Perasaan yang mudah dipengaruhi dan disakiti adalah faktor yang menyebabkan kesedihan yang mendalam bagi seseorang yang berujung pada Ke-Lupa-an. Mungkin Jomblo yang mudah Baper ( terbawa perasaan ) adalah penyebab dari kesedihan yang mendalam ini.

Kelima adalah Tidur yang Tidak Cukup
Tidur adalah cara otak menyegarkan informasi yang sudah kita dapatkan seharian ini, dan saat tidurlah otak kembali mengingat informasi yang sudah kita alami dan akan menguatkan ingatan kita ini. Tapi jangan terlalu sering tidur juga hanya karena ingin ingatan lebih kuat, karena jelas sesuatu yang berlebihan itu tak baik.

Keenam adalah Kurangnya Oksigen dalam Otak
Otak juga membutuhkan oksigen untuk dapat berpikir dan mengingat sesuatu.
Okigen yang kita hirup saat bernafas akan dibawa oleh darah menuju seluruh tubuh tak terkecuali otak, iya otak membutuhkan oksigen yang dibawa oleh darah. Jadinya aliran darah dalam tubuh itu menentukan tingkat oksigen yang ada dalam tubuh itu sendiri.
Olahraga dan makan makanan yang sehat juga menjadi penentu untuk suplai oksigen yang cukup dalam otak.

Ketujuh adalah Makanan dan Minuman yang kita Konsumsi
Alkohol dan merokok adalah gaya hidup yang tidak sehat dan dapat mempengaruhi tingkat kekuatan memori yang dapat kita simpan dalam otak dan juga sel sel otak, faktanya laki laki yang mengkonsumsi dua gelas alkohol dan perempuan yang mengkonsumsi satu gelas alkohol memiliki ingatan yang jauh lebih buruk daipada orang yang tidak mengkonsumsinya.

Tentunya masih banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas ingatan dalam memori otak kita, dan tentu saja semua itu tidak bisa dibahas disini satu persatu.
Jadi kalo kita melupakan sesuatu bisa membuka kembali artikel ini untuk mengetahui penyebabnya.

Jadi dengan artikel ini semoga dapat membuat kita jadi tidak mudah melupakan sesuatu hal lagi, dan tidak berpikir untuk melupakan masa lalu terutama mantan kita, karena memang mantan bukan pahlawan yang harus kita kenang, tetapi masa lalu itulah yang sudah membuat kita seperti saat ini dan sudah menjadi bagian dalam hidup ini,

Kalo ditanya "Kenapa ?"
Jawab aja "KarenaLupa.com"
Seperti biasa, Terima Kasih :)

Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)