January 24, 2016

Anak Jaman Dulu vs Anak Jaman Sekarang !!!



Intinya saya bukan termasuk yang Jaman Dulu tapi gak masuk juga yang Jaman Sekarang, oke gak usah difikirin. Kali ini saya mau ngeluh banget tentang anak-anak jaman sekarang. Ini sih klise banget emang, tapi biar makin gereget dan bikin otak bernostalgia sedikit gapapa ya...

Dibawah ini bakal saya jabarin beberapa perbedaan yang MEMPRIHATINKAN untuk anak-anak jaman sekarang, khususnya anak-anak TK - SMP lah ya, kalo SMA mah udah masalah mereka masing-masing.

Kenapa MEMPRIHATINKAN? Jelas, pasti kalian udah tau apa aja yang bikin anak-anak jaman sekarang tuh udah bukan kayak seorang anak yang seharusnya. Malahan udah kayak cabe-cabe versi rawit sama terong-terong yang baru berbuah halah semoga aja pada ngerti maksudnya ya -_-

Langsung aja deh beberapa perbedaannya :



1. Tamagotchi VS Gadget

Ahahaha ngerti kan ya? Ini salah satunya yang bener-bener ngebedain jaman kita sama jaman yang sekarang. Dulu sering banget yang namanya males-malesan dikasur sambil mainin Tamagotchi, pokoknya gak boleh ditinggal sampe binatang saya laper apalagi tempat tinggalnya yang kotor.




Saya inget betapa cengengnya waktu minta dibeliin Tamagotchi dan Gimbot yang isinya cuma Tetris -_-
Saya harus guling-gulingan dulu di Mall dan akhirnya baru dibeliin. Setelah itu ya dimainin, ngasih makan, boboin, bersihin kamar tapi makan, bobo sama bersihin kamar sendiri aja sampe lupa, ya namanya anak-anak~

Lanjut ke gadget, udah pasti tau kan bentuk Gadget itu gimana? Barang elektronik yang makin lama makin canggih dan makin bikin lupa diri. Tamagotchi yang sekecil itu aja bisa bikin lupa diri, gimana gadget?


Tau kan Gadget punya ribuan bahkan jutaan aplikasi seru, diantaranya game buat anak-anak? Oke kita ambil satu contoh deh, Pou! Siapa yang belum melihara binatang satu ini di gadgetnya? Saya yakin orang dewasa pun main ini.

Kalo mainan satu ini, mau anak Jaman dulu atau anak jaman sekarang pun tau mainan apa ini. Dan saya yakin beberapa anak jaman dulu bilang kalo mainan satu ini sama aja kayak Tamagotchi. Dan anak jaman sekarang bakal nanya apa itu Tamagotchi?
Saya sih resah, main Tamagotchi sepanjang waktu gak bakal bikin mata sakit, tapi kalo main Pou di gadget sepanjang waktu pasti  dalam waktu singkat udah bikin mata minus. Udah banyak kan sekarang, masih kecil udah pake kacamata? Penyebab utamanya ya ini, gadget...
Foto itu emang saya ambil dari Google, tapi kenyataannya memang ada balita bahkan bayi yang udah main gadget orang tuanya. Contoh kecilnya tetangga saya, anaknya yang baru umur 2 - 3 tahun mainannya gadget, dan orang tuanya jawab apa? Oh itu udah biasa ka oke -_-
Herannya, orang tuanya malah ngasih dengan alasan biar anaknya pinter. Hellow! Waktu kecil saya boro-boro dikasih hp, susu botol iya sama mainan-mainan lucu, bukan gadget tapi seenggaknya saya bisa lulus sekolah sekarang? Dan mata saya minus di waktu SMA bukan di masa anak-anak tuh.
Beruntunglah anak-anak jaman dulu, kalian masih sehat dan gak perlu takut jelek ngeliat masa lalu yang pake kacamata minus, yakan? Horayyyyyy!
2. Komunikasi


Liat meme diatas kan? Haha pada ngerasa dibagian mana? Kalo pada ngerasa dibagian atas, selamat masa kecil kalian LUAR BIASA BANGET!!!
Kalo saya sih yang bagian atas, dan saya bersyukur jaman saya belum diracuni sama BB -_- Bukan faktor sirik atau gak mampu beli nihya, tapi emang belom jaman juga. Bayaangin deh, kalo minta biodata kan seru, tuker-tukeran gitu dan bisa makin kenal satu sama lain.
Kayak jaman saya SD, isi biodata itu selain data diri pasti ada pantun, opini sama pesan. Lucu kan? Menurut saya sih lucu banget, kita masih polos dan kalo biodata itu dikenang kita punya kebahagiaan kita sendiri.
Apalagi dulu juga suka banget yang namanya tuker-tukeran kertas file yang gambar-gambarnya lucu, jadi kalo minta biodata, temen bisa pilih sendiri mau di kertas yang gambar apa. 
Tapi kalo sekarang, minta pin, nama facebook dll. Emangnya bisa diawetin? Kalo lagi gak punya paket? Kalo kontak BBM ke format? Kalo lupa password? Gimana coba? Biar gimanapun yang instant belum tentu enak kan? Coba deh adik-adik pake cara kakak-kakak yang diatas, itu seru banget loh~
3. Gaya (Tren)

Sedih rasanya kalo mau lanjutin bagian satu ini. Semuanya bener-bener beda banget. Mending bedanya jadi lebih baik, nah ini? T-T
Awalnya gak percaya kalo yang sebelah kanan itu anak SD, tapi mau gimana lagi, kenyataannya memang ada anak SD yang segede itu, saya udah liat langsung di salah satu SD daerah jakarta Selatan. Bukannya keren dan membanggakan, kok menurut saya mereka malah kayak veteran ya?
Roknya udah pendek malah dibuat makin pendek, dikeluarin, tasnya begitu haduh ya Allah rasanya kalo liat foto yang kanan mau istighfar terus :/
Coba bandingin sama yang sebelah kiri? Siapa yang jaman sekolahnya masih begitu? Kuncir dua, kuncir satu, pake dasi, baju dimasukin, rok hampir ke betis, pake tas kartun-kartun lucu, MASA KECIL KALIAN LUAR BIASA!!!!!!
Kangen? Banget, saya gak tau bisa liat SD kayak jaman sebelah kiri lagi itu kapan? Mungkin ada, dan semoga gak sampe punah ya?
4. Mainan Saat Ngumpul 

Inget kan kalo yang masa SD nya udah lewat kalo dulu ngumpul sama temen mainannya apa? Yaps petak umpet, main bete (lempar batu), main congklak, main bekel, main bentengan, main monopoli, main nenek gerondong, main donal bebek ah banyak pokoknya. Dan saat itu kalian pasti kalo Flashback suka senyum-senyum sendiri.
Tapi sekarang? Ngumpul sih, rame sih, ketawa sih tapi pada sibuk dan diem-dieman mantengin gadget. Ada yang menarik baru diomongin aliasn gosip, haduh gak kuat deh ngelanjutinnya. Kalo begitu apa yang bisa dikenang coba?
"Oia dulu gue waktu kecil ngumpul main gadget"
"Satu rame-rame?"
"Enggaklah sendiri,"
"Temen lo main apa?"
"Mana gue tau,"
Udah sampe situ doang ceritanya, tapi kalo yang masa SD nya udah lewat,
"Oia dulu gue sering main petak umpet, nenek gerondong, monopoli dll, kocak banget tuh si A dia kalah mulu bla bla bla..."
"Iya tuh lo inget gak waktu kita jaman puasa bawa bekel ke sekolah? Sampe bu guru ikutan? hahaha,"
"Iya waktu main nenek gerondong si O paling susah tuh dilepasin hahaha,"
beda ya? Beruntunglah kita :')
Sebenernya mau jabarin lebih banyak lagi sih tentang mainan jama dulu yang asiknya kebawa sampe remaja bahkan sampe dewasa, next post aja lah ya kepanjangan soalnya saking banyaknya mainan yang seru dan bikin kangen.
Oia satu lagi saya pernah ngerasa bahagia meratiin mainan satu ini sampe jam istirahat saya habis wkwkwk.
5. Selfie

Suka banget foto-foto kalem gitu, yang masih polos gaya tangan yang sok metal tapi lucu karena dandanan mereka yang masih natural. Mana yang belakang ikut-ikut gitu, pasti kalo dikenang lucu banget dan bikin kangen. 
Ketawanya yang masih lucu, pakainnya yang masih culun, gayanya yang natural dan anak-anak banget. Yaampun saya mau banget nemuin anak-anak SD yang masih NORMAL huhu
Tapi coba kalian liat yang satu ini, dan tolong jawab, ini gaya apa????????????

Silahkan simpulkan, saya sudah kehabisan kata-kata :')
6. Etika


Saya kaget liat gambar ini, dan saya gak mikir sama sekali kalo gambar satu ini editan. Karena saya pernah liat dengan mata kepala saya sendiri, memang ada anak SD yang berperilaku tidak sopan terhadap orang lain sampai kepada orang yang lebih tua.
Tapi coba waktunya dimundurin. Mana ada anak SD yang separah itu? Rata-rata dari mereka lebih suka diem, malu dan bercanda yang lucu-lucu tapi masih tetep bisa diarahin. Sopan dan yang paling keren itu selalu cium tangan, beruntunglah kalian yang gak punya masa-masa menyeramkan seperti gambar yang pertama.
7. Pergaulan

Dari namanya aja udah parah banget. Dilihat pergaulan anak-anak KECIL jaman sekarang itu nyeremin dan semoga sodara, kerabat dan orang-orang yang kita sayangin gak pernah terpengaruh sama pergaulan sekarang yang terlalu kejam kalo menurut saya.
Siswi SD yang hamil, siswa SD yang meninggal karena dipukulin kakak kelas yang juga masih SD, merokok, pacaran yang 'berlebihan' dan yang lainnya yang gak sanggup saya sebutkan.
Sejak nonton berita yang isinya kayak gitu, saya lebih protect ke adik saya yang juga masih sekolah. Saya, mama dan papa selalu survei bareng tentang adik-adik saya yang masih dibawah umur, sampe ada yang ketauan kena pergaulan seperti yang saya sebutkan tadi, saya gak kebayang mereka bakal jadi apa, mungkin kalo diibaratkan jadi kayak tahu ancur yang abis diremek-remek gitu kali ya...
Saya punya cerita singkat tentang siswi SD yang hamil, awalnya anak SD atau si X itu gak tau kenapa dia muntah-muntah, orang tuanya fikir ya masuk angin, tapi hari demi hari perutnya malah makin besar, orang tuanya cemas dan  akhirnya dibawa kerumah sakit.
Usai diperiksa orang tuanya nanya dan dokternya jawab bahwa anaknya hamil. Anaknya polos dan belum tau apa-apa, orang tuanya kaget banget dan akhirnya nanya pelan pelan ke anaknya, dan tau anaknya jawab apa?
"Waktu itu aku diajak main sama Q dirumahnya, aku disuruh masuk trus buka baju, katanya mainannya harus begitu jadi X buka baju X,"
Saya nangis denger kisah satu ini, sampe sekarang si Q gak dikasih tau umur berapa, tapi kalo menurut saya pasti udah SMP atau SMA, rasanya gak mungkin anak SD bisa begitu kan? Ini cerita dari orang terdekat saya yang punya temen, dan temennya itu ternyata ibunya si X.
Lindungin anak-anak yuk :')
8. Jajanan

Kita refreshing dulu pake tema satu ini. Udah kebayang dong jajanan SD sebelum jaman sekarang apa aja? Yaps, jajanan murah dan enak jaman 'itu' emang gak bisa dibandingin sama jajanan anak jaman sekarang yang 'Mahal'. Bukan karena lebih murah, tapi nikmat dan higenisnya juga. 
Salah satunya Chuba, saya suka Chiki gopean yang satu ini, bahkan sampe sekarang pun harganya masih gope, punya dua rasa pula, ada balado sama keju. Dulu kalo beli ini saya bisa sampe 4 karena enak dibuat ngemil.
Trus juga ada telor gulung, nah setau saya sih kalo di jaman 'itu' belom ada pedagang-pedagang yang jahat dan licik. Karena dia jualan dan ngeraciknya pun langsung didepan anak-anak yang mau jajan, bahkan kita suka disuruh goreng sendiri hoho.
Kue cubit, nah kue yang satu ini juga enak dan murah. Ada mesis-mesisnya gitu. Rata-rata jajanan beberapa anak SD yang taun lalu tuh ini, selain sehat, murah tapi juga enak.
Saya paling suka yang satu ini, kadang suka banget minta sama abangnya biar saya yang muterin. Dan jujur sampe sekarang saya gak tau nama jajanan ini apa haha 
Sebenernya sih masih banyak jajanan yang lain, tapi kita coba liat ke jaman yang katanya udah modern yuk, anak-anak sekarang jajanannya apa sih?
 
Simpulkanlah sendiri, intinya saya suka jajanan yang pertama sih hahahaha XD
9. Pacaran

Saya rasa gambar untuk kisah cinta anak-anak SD yang taun-taun lalu sebelum taun sekarang itu gak ada deh. Jangankan nembak, buat ngeliat aja udah gemeteran, coba liat meme satu ini aja deh...Yang cowok, saya mau tanya, ini true or false?
Karena saya udah kelewat muak untuk jabarin anak-anak kecil yang sudah tua sebelum umurnya jadi saya kasih pictnya aja deh ya buat anak-anak yang pacaran jaman sekarang.
     
Itu...haduh kalah deh ye foto-foto pra-wedding artis~ astagfirullah...
10. Acara Televisi

Udah pasti tau kan maksud saya kearah mana? Hahaha. Yaps coba tanya anak jaman sekarang siapa itu Dig* & Sis*? Pasti mereka tau. Tapi coba suruh sebutin nama-nama geng Teletubies? Pasti mereka bungkam -_-

Jujur saya pecinta Joshua terutama Sherina, selain berbakat lagu-lagunya juga menginspirasi dan bikin makin semangat berbuat lebih baik, tapi lagu anak-anak sekarang? :"
 
Kenapa tontonan anak dewasa malah kartun? Karena dari kecil udah terbiasa nonton kartun yang lucu, menghibur dan juga bermanfaat, makanya kebawa sampe gede, coba kalo yang dari kecil udah nonton sinetron atau acara-acara remaja? Beginilah jadinya!

Jangan salahin anak kalo ngikutin pergaulan bebas, karena namanya anak-anak pasti mencontoh dong! Makanya kasih kartun, peratiin anak! Dikasih anak bukan dibimbing hhhhhh -_-
Dan beginilah kalo bocah kebanyakan nonton sinetron lebay yang sok-sok ada adegan berantem boongan, pikir dong anak kecil kan mikirnya itu beneran!!
Intinya saya mau balik ke masa-masa SD lagi


Yang dulu SD nya sesuai sama gambar yang baik-baik dari tulisan-tulisan diatas pasti sekarang udah jadi anak jaman sekarang dong, bedanya, umurnya aja yang berkurang (baca: bertambah).
Pasti pada kangen main dan ngumpul sama temen-temen SD - SMP yang mainnya masih mainan tradisional dan udah pasti seru kan? Ya kalo saya sih jujur kangen banget bulan puasa, ngisi waktu istirahat di SD main bekel atau congklak sama guru dan temen-temen, main nenek gerondong dilapangan, main karet dll.
Saya pernah ajak keponakan dan saudara-saudara yang masih SD sama SMP buat main karet, bentengan, bekel, kelereng sampe main engklek. Saya sengaja udah bawa dan nyiapin buat seneng-seneng main mainan yang bikin saya kangen parah, tapi mereka malah milih buat main game di gadget.
 
sumber : aisyafirlinda

Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)