February 12, 2017

kenapa makan setelah sikat gigi terasa pahit

Kenapa makan setelah sikat gigi terasa pahit?
makan terasa pahit

   halo sobat, diantara para pembaca pasti ada orang bertanya-tanya "kenapa sih sehabis sikat gigi makan jadi terasa pahit" disini saya akan menjawab pertanyaan tersebut, jadi langsung saja cekidot!

   Dilansir dari Wired, penyebab hal ini terjadi adalah sebuah senyawa di dalam pasta gigi yang bernama 'sodium lauryl sulfate.' Senyawa ini adalah deterjen yang ditambahkan ke banyak sekali merek pasta gigi, untuk menambah jumlah busa ketika kita menggosok gigi. Jumlah busa ini sebenarnya tak terlalu berpengaruh, namun secara psikologis membuat kita merasa mulut kita bersih.

kandungan deterjen dalam pasta gigi

   Namun, deterjen ini sedikit merusak 'rasa' yang seharusnya kita nikmati di makanan. Hal ini dikarenakan deterjen cenderung mengurangi kemampuan lidah kita untuk merasakan manis. Hal ini akan diperburuk jika mulut kita bertemu dengan sesuatu yang asam, maka rasa pahit akan muncul seketika. Oleh karena itu jika kita sarapan dengan yang manis, rasa manis akan sedikit berkurang, dan jika kita minum jus jeruk, rasa pahit akan muncul seketika.
makanan terasa pahit karena deterjen dalam pasta gigi

   Penjelasan lebih detil bisa kita peroleh jika diamati secara molekuler. Karena dalam sekala kecil, deterjen mengubah respon dari reseptor perasa yang ada di lidah kita, dengan cara mengacaukan membran lemak yang sebenarnya bertugas untuk menyatukan tiap sel.
   Hal ini cukup mirip dengan apa yang dilakukan sabun cuci piring, untuk menghilangkan lemak membandel yang menempel di alat makan kita.
   Hal ini sebenarnya sudah disadari oleh pabrikan pasta gigi, namun kebanyakan dari mereka tidak diperbolehkan untuk menghilangkan deterjen dari pasta gigi. Karena menurut seorang ilmuwan University of Florida bernama Linda Bartoshuk, rekannya yang juga seorang ilmuwan di pabrik pasta gigi 'Colgate,' sudah menemukan fenomena ini sejak tahun 80-an, namun oleh Colgate tak diperbolehkan untuk mempublikasikannya, karena mungkin akan merusak ikon dari pasta gigi yang selalu berbuih ketika dipakai.

Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)